Monday, July 15, 2019

Tips Packing untuk Mempermudah Pemeriksaan Keamanan Bandara

Pemindaian keamanan dengan mesin x-ray bandara mungkin terlihat sebagai hal biasa yang tidak perlu terlalu diperhatikan. Namun, pada praktiknya para petugas keamanan melakukan pemindaian yang cukup krusial untuk semua koper dan barang bawaan yang akan dibawa ke kabin maupun bagasi Nah, aktivitas ini ternyata berdurasi lebih lama jika ada barang yang tidak terlihat saat dipindai menggunakan mesin x-ray. Bukan tidak mungkin, petugas akan memintamu untuk membuka koper yang sudah kamu tata rapi untuk mendeteksi barang-barang yang dianggap mencurigakan. Agar bisa mempermudah tahap pemeriksaan keamanan ini, berikut cara packing yang bisa dilakukan.

Tips Packing untuk Mempermudah Pemeriksaan Keamanan Bandara

1. Buat daftar packing barang yang harus dibawa

Ketinggalan barang bawaan akan membuatmu kerepotan setibanya di destinasi tujuan. Kamu mungkin berpikiran sederhana dengan membeli barang bawaan penting saja, lalu sisanya bisa beli secara mendadak jika ada yang tertinggal. Namun, sayang sekali kalau barang yang dibeli sementara ini jadi tidak terpakai juga setelah selesai perjalanan. Oleh karena itu, penting untuk membuat daftar barang bawaan yang kamu butuhkan untuk traveling. Pastikan untuk membawa pakaian dengan jumlah yang cukup, membawa dokumen berharga yang diperlukan selama perjalanan, dan juga kelengkapan gadget seperti charger, mouse, power bank, atau headset. Pastikan untuk memisahkan barang agar tidak perlu mengubah packing lagi saat harus menyimpan barang di kabin dan bagasi.

2. Ketahui batasan berat maksimum bagasi

Melakukan packing ulang di bandara tentunya memakan waktu. Selain sering terjadi untuk mengecek barang yang tertinggal, bisa saja barang bawaan kamu ternyata kelebihan muatan. Hal ini bisa saja baru disadari menjelang naik pesawat dan kamu jadi memindahkan barang dengan tergesa sehingga koper berantakan dan pemindaian oleh petugas jadi tidak jelas.
Jadi, pastikan kamu sudah melakukan penyimpanan barang yang tepat untuk dipisahkan berdasarkan batas penyimpanan di kabin maupun bagasi. Saat melewati pemindaian x-ray, kamu tidak perlu repot memindah-mindahkan barang bawaan lagi deh. Nah, kalau kamu beli tiket pesawat citilink traveloka, bisa sekalian siapkan extra baggage biar lebih praktis dan tidak perlu packing ulang repot-repot di bandara.

3. Gulung pakaian yang akan dibawa

Agar lebih rapi dan tidak mengganggu pemindaian barang bawaan di bandara, sebaiknya semua barang sudah dirapikan dengan teratur. Pemindaian barang oleh petugas keamanan ternyata lebih ringkas dan cepat jika semua barang terdeteksi secara jelas saat dipindai menggunakan x-ray. Oleh karena itu, jangan sampai memasukkan pakaian asal-asalan sehingga barang di dalam koper jadi berantakan. Menggulung pakaian lebih menghemat ruang dan juga menjaga baju tetap rapi.

4. Simpan barang-barang secara berlapis

Pemindaian barang sebaiknya juga dipisahkan berdasarkan jenisnya masing-masing. Pisahkan pakaian, sepatu, dokumen, toiletries, dan kabel perangkat elektronik dengan rapi. Setelah itu, barulah simpan dengan pemindaian berlapis. Jadi, simpan terlebih dahulu pakaianmu di bagian paling bawah, lalu simpan sepatu di bagian sela-sela, simpan dokumen, dan kabel charger agar barang di dalam kopermu jadi terlihat jelas berdasarkan jenisnya saat dipindai. Tidak akan ada kecurigaan atas barang yang disembunyikan dan proses pemeriksaan kopermu lebih cepat.

5. Cukup bawa 1 tas untuk hand-carry

Semua barang bawaan harus diperiksa sebelum masuk ke dalam pesawat. Oleh karena itu, tas yang kamu junjing pun tidak akan terlewatkan untuk diperiksa. Kalau kamu membawa banyak tas, ya, waktu pemeriksaannya jadi lebih lama. Namun, pemeriksaan tentu akan jauh lebih cepat kalau kamu hanya membawa satu tas saja.
Setelah memperhatikan beberapa hal tadi, mungkin saja ada yang baru kamu tahu dan selama ini terlewatkan. Sekarang, sudah bisa lebih praktis dan tidak perlu repot unpacking lagi kalau sampai di bandara deh.

No comments:

Post a Comment